Topeng


Topeng merupakan suatu alat yang digunakan manusia untuk menyembunyikan wajah aslinya. Dengan topeng itu seseorang dapat menyetel bentuk wajah yang ingin ditampilkannya. Ada wajah sedih, pucat, murung yang disertai wajah memelas untuk memdapati simpati dan belas kasihan orang lain, ada juga wajah seram, bengis, sombong dan sok berwibawa saat operasi tilang kendaraan bermotor. Beda lagi pada saat menjelang pemilihan umum, para politisi pasang wajah yang ceria dan senyum sumeringah serta tebar pesona. Laksana dunia perfilman, orang pun tertipu dengan acting yang mempesona.

Didalam dunia kejahatan, para perampok biasa menyembunyikan wajah aslinya di balik topeng. Hingga orang pun bisa salah menduga, karena pelaku kejahatan seperti itu biasanya orang dekat korban, keluarga atau orang dalam.

Diera sekarang ini setiap manusia hampir semuanya menggunakan topeng, topeng ini tergolong canggih karena ia tidak terlihat dan bahkan penggunanyapun terkadang tidak mengetahui kalau ia sedang menggunakan topeng. Karena siapapun tidak bisa membedakan apakah seseorang sedang bertopeng atau tidak.

Kita pun mengira seseorang begitu ramah, padahal ia pemarah. Kita mengira seseorang sedang berjuang, padahal ia sedang cari popularitas. Kita mengira seseorang begitu dermawan, padahal ia pencuri ulung kesempatan. Kita mengira seseorang pembela rakyat kecil, padahal ia pemeras darah rakyat. Dan bahkan kita mengira ia sedang berdakwah, padahal ia sedang mencari kesempatan untuk berkuasa.

Ketika topeng digunakan untuk menyembunyikan dari perilaku buruknya, Islam menyebutnya munafik. Allah swt. mengancam para pengguna topeng seperti ini “Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan paling bawah dari neraka. Dan kamu tidak akan mendapatkan penolong pun bagi mereka.” (QS. An-Nisaa: 145)

Berhati-hatilah dengan topeng. Karena tanpa topeng pun, manusia sebenarnya sudah terbiasa memakai topeng.

2 Responses
  1. lela'site Says:

    mata memang kadang salah menilai, apa yang tersembunyi dlm hati orang lain tak ada yang bisa menafsir. luruskan saja niat dlm diri dan mohon penjagaan Illahi moga tak tertipu dg kemunafikan duniawi.